DAMPAK POSITIF
- Mempermudah Komunikasi
- Menambah pengetahuan perkembangan teknologi
- Memperluas jaringan persahabatan
DAMPAK NEGATIF
- Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran merupakan bukti nyata bahwa HP mudah mengalihkan perhatian peserta didik dari pelajaran
- Peserta didik lebih tertarik pada fitur yang tersedia di HP seperti : kamera, games, gambar, dan lain-lain, dari pada tugas-tugas mata pelajaran.
- Peserta didik sering disibukkan dengan SMS, miscall, baik mengirim maupun menerima, baik dari teman maupun dari keluarga sendiri.
- Dengan HP peserta didik mudah melakukan kecurangan baik pada waktu ujian maupun ulangan.
- Efek buruk terhadap kesehatan. Perkembangan kesehatan/pertumbuhan anak lambat laun akan terganggu. Aktifitas yang seharusnya untuk bermain-main/berolah raga, cukup digantikan dengan aktifitas duduk sambil tersenyum-senyum karena asyik SMS an dengan teman, atau yang dianggap pacar ?.
- Rawan terhadap kejahatan. Pelajar yang ber HP merupakan salah satu incaran bagi yang akan berbuat jahat.
- Pemborosan yang sia-sia. Tidak perduli uang saku, tidak perduli uang buku, yang penting pulsa HP ku. Orang tua sering ditipu, SMS dan MISCALL yang nomor satu. ( lebih-lebih jika orang tunya BUTEK atau GAPTEK )
- Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan prilaku siswa. Jika tidak ada kontrol dari orang tua dan guru, HP mudah untuk mengirim dan menerima gambar-gambar yang berbau porno yang sama sekali tidak layak dilihat oleh pelajar-pelajar seusia SMP. Hal ini yang akan membuat anak dewasa sebelum waktunya.
- Sering menimbulkan cemburu sosial baru. Yang mempunyai HP lebih mahal dan lebih baru dengan fasilitas lengkap, menimbulkan rasa malu bagi yang HP nya sudah usang dan tidak laku.
- Diruang belajar tidak untuk belajar ilmu, tapi untuk SMS-SMS an melulu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.